Panduan Penilaian Kurikulum 2013 SMA Revisi Terbaru Update 2018 ini merupakan panduan terbaru dari pemerintah untuk diimplementasikan oleh guru dalam kegiatan penilaian (evaluasi) disekolahnya yang pada kesempatan kali ini akan saya bagikan untuk guru jenjang SMA/MA dalam melakukan Penilaian dalam Kurikulum 2013. Penilaian sebagai salah satu rangkaian pembelajaran sangat penting untuk dilakukan dengan benar untuk mendapatkan hasil yang tepat dan guru dapat melakukan tindakan yang tepat pula dalam menindaklanjuti hasil dari penilaian tersebut.
Dari hasil monitoring dan evaluasi pelaksanaan Kurikulum 2013 tingkat SMA/MA pada tahun 2014 menunjukkan bahwa salah satu kesulitan pendidik dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013 adalah melaksanakan penilaian. Sekitar 60% responden pendidik menyatakan mereka belum dapat merancang, melaksanakan, mengolah, melaporkan, dan memanfaatkan hasil penilaian dengan baik.
Panduan Penilaian Kurikulum 2013 SMA Revisi 2017
Oleh karena itu, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah bekerjasama dengan Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Pusat Penilaian Pendidikan, menyusun Panduan Penilaian oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan untuk Sekolah Menengah Atas (SMA) dan hasilnya pada bulan mei 2017 lalu panduan ini telah diterbitkan.
Panduan Penilaian K13 ini memfasilitasi pendidik dan satuan pendidikan berkaitan dengan hal-hal berikut :
- Merencanakan, mengembangkan instrumen, dan melaksanakan penilaian hasil belajar;
- Menganalisis dan menyusun laporan, termasuk mengisi rapor serta memanfaatkan hasil penilaian;
- Menerapkan program remedial bagi peserta didik yang belum mencapai KKM, dan program pengayaan bagi peserta didik yang telah mencapai KKM; dan
- Melaksanakan supervisi penilaian.
Posting Komentar